Tuesday, March 17, 2009

SULAM PITA

Membuat SULAM PITA...? Wow...
Ternyata menyenangkan lho... (bagi yang hobi tentunya..)

Tahun lalu aku mulai belajar sulam pita. Berawal dari temen kantor (tepatnya Mbak Lani) yang bawain buku tentang teknik sulam pita. Kebetulan temen yang lain (Mbak Lola maksudnya) juga hobi banget soal handycraft termasuk soal sulam menyulam tentunya. Sejak saat itu aku semangat banget belajar sulam ini, sampai2 beli pita ke pasar pagi mangga dua segala. Kebetulan saat itu aku baru pertama kali pergi ke psitu. Dan ternyata....wow... semuanya lengkap..kap...kap. Mau cari model pita kaya apa aja ada. Bahan satin, bahan organdi, gulungan besar, gulungan kecil, pokoknya semua ada termasuk buku2 cara membuatnya. Bagi temen2 yang mungkin lagi bingung nyari tempat belanja sulam pita aku referensikan ke PASAR PAGI MANGGA DUA deh... Kalo naik bus way jurusan kota, turun di shelter kota/stasiun kota. Abis itu nyebrang menuju depan stasiun, trs naik angkot bayar Rp.2.000,- apa aja yang ke arah ducit mangga dua. Nanti ga lama sebelah kiri ada tulisan besar-besar "PASAR PAGI MANGGA DUA"

Abis itu mulai sulam menyulam ini aku mulai. Pertama aku bikin sulam motif bunga buat hiasan dinding. Aku bikinnya sepasang, yang satu warna merah dan satunya warna biru. Sebenernya ga begitu bagus sih, tapi aku pede aja aku pasang di dinding rumahku sebagi hiasan. Abis itu aku juga bikin sulam pita di mukena zahra (anakku kecil mungil. Motifnya bunga juga sih... Tapi yang ini agak lumayan hasilnya, agak rapi dikit. Nah yang sekarang lagi aku kerjain adalah gordyn rumah. Kebetulan di rumah banyak bahan satin. Bingung manfaatinnya akhirnya aku potong2 jadi 4 lembar dan aku hiasi sulaman dari pita....he2...Sekarang tahap finishing. Nanti kalo dah sempet aky upload fotonya.... Kali ada yang berminat...bisa buka bisnis kan....??he2...

Sebenernya sih aku masih pengen belajar banyak lagi mengenai teknik sulam pita ini, biar lebih oke dan bervariasi hasilnya.

Ini sulam pita yang aku bikin di bajuku :


Ini aku bikin di mukena anakku :


Nah, kalo yang ini aku bikin dan aku bingkai buat hiasan dinding :


No comments: